Sakit kepala adalah keluhan yang biasa dirasakan oleh semua orang. Keluhan yang dirasakan bisa berbeda-beda mulai dari sakit kepala sebelah, dan juga sakit kepala bagian belakang. Disini kami akan membahas mengenai sakit kepala bagian belakang. Sakit kepala tidak bisa dianggap remeh karena bisa jadi merupakan alarm tubuh sebagai peringatan ada yang tidak beres pada kondisi kesehatan tubuh anda.

Biasanya sakit kepala bagian belakang akan ditandai dengan rasa nyeri pada pbagian atas mata, telinga, dan juga bagian atas kepala yang menjalar pada bagian kepala hingga leher. Memang sakit kepala bagian belakang sangatlah menganggu aktivitas dan bisa saja menyerang anda secara tiba-tiba. Oleh sebab itu dalam artikel ini akan dibahas mengenai apa saja penyebab sakit kepala bagian belakang yang patut anda waspadai.

Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang Berdasarkan Jenisnya

  1. Sakit Kepala Tegang Pada Bagian Belakang

Banyak faktor yang mengkibatkan sakit kepala bagian belakang yang disertai dengan rasa tegang yaitu stress, kurang tidur, hingga rasa lapar. Biasanya sakit bagian belakang ini akan dirasakan selama 30 menit hingga berberapa hari kemudian. Untuk jenis sakit kepala seperti ini umumnya tidak sampai mengganggu aktifitas sehari-hari penderitanya.

  1. Sakit Kepala Harian Kronis

Kelelahan ataupun cedera pada leher bisa menyebabkan sakit kepala harian kronis yang terjadi pada bagian belakang. sakit yang timbul disebabkan oleh otot menegang pada bagian belakang leher. Sakit kepala seperti ini biasanya lebih sering menyerang wanita. Untuk meredakan sakit kepala jenis ini anda disarankan untuk melakukan fisioterapi.

  1. Sakit Kepala Belakang Saat Beraktifitas Fisik

Sakit kepala yang satu ini biasa disebut sakit kepala exertional yang disebabkan oleh berbagai macam aktivitas fisik dan dapat menjadi semakin parah jika ditambah aktivitas fisik yang cukup berat seperti batuk, otot perut yang mengencang pada saat BAB, berhubungan seks, dan juga berlari. Penderita sakit kepala exertorial biasanya merasakan sakit dibagian belakang kepala, hanya bagian mata saja, ataupun keseluruhan bagian kepala.

  1. Neuralgia Oksipital

Jika saraf oksipital pada bagian pangkal leher sampai kepala dan juga saraf tulang belakang, hal ini akan mengakibatkan rasa sakit kepala seperti tertusuk pada bagian leher dan kepala. Gangguan pada saraf oksipital terjadi jika terjadi iritasi ataupun radang dikarenakan saraf oksipital mengalami cedera. Biasanya orang berfikir bahwa sakit kepala ini adalah migrain biasa dan mengabaikannya.

  1. Migrain Basiliar

Jenis sakit kepala ini berbeda dengan migraine biasa yang terasa sakit pada satu sisi kepala saja, namun migraine basiliar ini rasa sakitnya terasa pada bagian belakang kepala. Migraine basiliar ini diawali dengan gejala pandangan kabur, telinga berdenging, gangguan bicara, gangguan mendengar, hingga kebutaan sementara. Jenis sakit kepala belakang yang satu ini bisa juga berkaitan dengan stroke sehingga perlu diwaspadai dan ditangani segera.

Biasanya sakit kepala terjadi bukan karena masalah yang serius. Namun jika anda mengalami sakit kepala yang tidak biasa sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter.

LEAVE A REPLY