Penyakit flek paru-paru adalah jenis penyakit mematikan yang menyerang organ pernafasan dan dapat berdampak buruk ke seluruh tubuh. Penyakit yang juga biasa disebut dengan TBC ini disebabkan oleh jenis kuman bernama Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini bisa menyerang siapapun termasuk balita dan anak-anak. Penyakit flek paru-paru merupakan jenis penyakit yang bisa bertahan lama dalam tubuh manusia namun penyakit ini masih bisa disembuhkan.

Penyakit yang satu ini juga bisa dicegah dengan menggunakan obat-obatan tertentu. Dalam proses terjadinya flek paru-paru, bakteri menyebar melalui tetesan mikroskopis dari organ yang satu ke yang lainnya. Sehingga penyakit ini gampang sekali menular seperti melalui batuk, bersin, ludah, dan apapun yang dapat keluar dari mulut penderita. Namun penderita flek paru biasanya mendapatkan terapi yang membuatnya tidak menularkan penyakit ke orang lain. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai penyebab flek paru-paru agar anda dapat berhati-hati.

Mengenali Penyebab Flek Paru

  1. Sistem Kekebalan Tubuh Yang Lemah

Mengkonsumsi jenis obat-obatan tertentu dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh seseorang dan juga beberapa penyakit tertentu yang dideritanya dapat berpengaruh juga pada sistem kekebalan tubuh. Dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah kemungkinan terserang flek paru-paru akan menjadi lebih besar. Seperti pada penderita diabetes dan penyakit ginjal stadium akhir akan rentan sekali terkena flek paru-paru.

  1. Kelembaban Udara

Kelembaban udara yang disebabkan oleh suhu udara yang tidak seimbang lama kelamaan akan menyebabkan flek paru-paru. Oleh sebab itu anda harus mengetahui kondisi kelembaban ruangan di rumah anda dengan mengukurnya menggunakan alat pengukur suhu. Perhatikanlah ventilasi udara dan juga cat tembok ruangan anda dalam keadaan sempurna untuk mencegah kelembaban udara.

  1. Infeksi Paru-paru

Flek paru-paru juga diakibatkan oleh infeksi yang terjadi di paru-paru. Infeksi ini disebabkan oleh bakteri atau virus yang jika tidak segera ditangani dapat terus memburuk dan menyebabkan penyakit lain. Gejala dari infeksi yang terdapat pada paru-paru yaitu dengan rasa sakit atau nyeri yang dirasakan dan juga rasa tidak nyaman pada saat bernafas.

  1. Penyalahgunaan Zat Dan Konsumsi Alkohol

Penggunaan obat-obatan terlarang seperti narkoba dan mengkonsumsi alkohol secara terus menerus dapat berpengaruh terhadap buruknya sistem kekebalan tubuh sehingga rawan terjangkir kuman atau virus sehingga kemungkinan untuk terjangkit flek paru-paru lebih besar. Merokokpun dapat mengakibatkan terjadinya flek paru-paru yang kebanyakan orang mengabaikan hal ini dengan terus merokok.

  1. Daerah Tempat Tinggal

Jika anda tinggal di daerah yang padat jumlah penduduknya sebaiknya lebih memperhatikan kondisi rumah anda terutama ventilasi. Biasanya kawasan padat penduduk memiliki sistem sirkulasi udara yang buruk seperti yang ada di penjara, rumah jompo, dan juga pusat imigrasi yang bisa mengakibatkan terjadinya flek paru-paru.

Penyakit flek apru-paru merupakan penyakit yang bisa disembuhkan dan juga diidentifikasi gejalanya melalui jalan medis. Namun tidak ada salahnya anda untuk melakukan tindakan pencegahan agar tidak terserang oleh penyakit ini.

LEAVE A REPLY