Zat besi dan asam folat dua nutrisi paling penting yang dibutuhkan tubuh kita untuk berfungsi dengan baik.  Mari kita lihat pentingnya manfaat zat besi dan asam folat, detailnya:

Pentingnya Zat Besi Dan Asam Folat Bagi Tubuh Kita

Zat besi

Zat besi adalah mineral yang dibutuhkan oleh tubuh kita untuk membentuk sel darah merah dan untuk membantu sel darah merah menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Menurut US FDA (Food and Drug Administration) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat jumlah asupan harian yang di butuhkan oleh tubuh kita adalah 18 mg. Makanan-makanan yang kaya akan zat besi adalah daging merah, sayuran berdaun hijau, biji bunga matahari, miju-miju, kacang-kacangan, telur, kacang mete, buah-buahan kering dan gandum.

Asam folat

Asam folat adalah vitamin B yang larut dalam air, khususnya vitamin B9. Vitamin B9 muncul secara alami dalam bentuk folat dalam sayuran berdaun hijau, biji legume (pulses), dan buah-buahan. Tubuh kita membutuhkannya untuk pembelahan sel. Selain itu, asam folatjuga penting untuk membentuk DNA. Berdasarkan Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat, minimal jumlah asupan harian asam folat yang dibutuhkan oleh tubuh kita adalah 400 mikrogram. Sumber makanan yang baik untuk asam folat adalah sayuran berdaun hijau, jeruk, biji legume, buah-buahan sitrus seperti lemon, jeruk, jeruk nipis atau grapefruit, kacang polong, kacang-kacangan, dll.

Bagaimana Zat Besi Dan Asam Folat Membantu?

  1. Mencegah dan Menyembuhkan Anemia

Anemia adalah masalah yang umum sekarang, diderita hampir segala usia, mulai dari anak-anak hingga yang tua. Wanita sangat rentan terkena anemia karena mereka cenderung mengabaikan masalah diet dan kesehatan mereka sendiri.Jika anda merasa lelah sepanjang waktu dan terlihat pucat dan sering merasa pusing, anda sebaiknya memeriksakan anemia anda. Gejala lain termasuk sulit bernapas, sakit di dada, sakit kepala dan jantung berdebar. Baik zat besi dan asam folat tidak hanya mencegah tapi juga menyembukan anemia. Seperti yang anda ketahui, zat besi dibutuhkan unutk pembentukan sel darah merah. Demikian pula folat membantu Vitamin B12 dalam pembentukan sel darah merah. Pastikan anda mendapatkan asupan harian zat besi dan asam folat yang dibutuhkan tubuh untuk mendapatkan pemompaan darah yang cukup melalui pembuluh darah anda.

  1. Membantu selama masa kehamilan

Wanita yang sedang berusaha untuk hamil, atau wanita yang sedang hamil, diberikan resep suplemen zat besi dan asam folat untuk kehamilan yang mudah dan sukses. Baik zat besi dan asam folat penting untuk kesehatan janin.Asam folat mengurangi resiko berbagai cacat lahir dan cacat bawaan seperti bibir sumbing pada bayi. Wanita yang menderita kekurangan asam folat selam kehamilan juga lebih rentan memiliki bayi yang cacat saraf seperti spina bifida. Kurangnya sirkulasi darah yang cukup selama kehamilan dapat mengakibatkan banyak masalah seperti kelahiran prematur, bayi dengan berat terlalu ringan, dan bahkan kematian bayi. Selama kehamilan wanita membutuhkan lebih banyak darah, sehingga zat besi menjadi penting bagi mereka.

  1. Membantu selama masa menstruasi

Sekarang ini beberapa wanita kehilangan banyak darah. Jika dalam masa mentruasi, darah keluar lebih banyak dan anda merasa lebih lelah, bisa jadi anda lagi kekurangan zat besi dan asam folat. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi dan asam folat akan membantu meningkatkan kondisi anda. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter, jika anda membutuhkan suplemen.

  1. Menjaga kesehatan jantung Anda

Asam folat menurunkan kadar homosistein dalam tubuh kita, sehingga mengurangi resiko penyakit jantung. Selain itu, asupan asam folat selama kehamilan mengurangi resiko masalah jantung pada bayi.

  1. Mengurangi risiko kanker usus besar (colon)

Zat besi dan asam folat mengurangi resiko kanker kolorektal dan kanker prostat. Meskipun asam folat dan zat besi  tidak dapat membantu dalam mengobati penyakit ini, tapi mereka dapat membantu mencegah penyakit ini timbul dalam tubuh anda. Penelitian menunjukkan bahwa zat besi dan asam folat berasal dari sumber-sumber alam yang bermanfaat bagi kesehatan usus besar, rektum dan prostat jika dibandingkan dengan suplemen buatan.

  1. Meningkatkan kesuburan

Asam folat penting untuk kesuburan baik itu untuk pria dan wanita. Wanita disarankan untuk mengkonsumsi suplemen zat besi dan asam folat ketika mereka sedang mencoba untuk program kehamilan.

  1. Menjaga otak Anda bahagia

Zat besi dan asam folat dikenal dapat mencegah depresi, penyakit Alzheimer dan masalah kognitif lainnya. Zat besi dan asam folat membantu meningkatkan fungsi kognitif otak. Bahkan, zat besi dan asam folat dianggap dua dari nutrisi penting buat otak kita.

 

Namun, mengkonsumsi secara berlebihan asam folat dapat menimbulkan efek samping. Jadi konsumsilah berdasarkan dosis yang diberikan oleh resep. Dan juga, teh dan kopi menggangu penyerapan zat besi. Anda bisa mengatur kapan mengkonsumsi minuman ini (teh dan kopi ) supaya tidak berbenturan dengan nutrisi tersebut.Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

Begitu banyak manfaat zat besi dan asam folat. Anda dapat memenuhi jumlah asupan harian yang dibutuhkan tubuh, terutama melalui makanan yang anda konsumsi. Tapi, jika anda ingin meningkatkan  zat besi dan folat anda yang rendah, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter anda sebelum mengkonsumsi suplemen.

LEAVE A REPLY