Tidak banyak orang yang sadar dan tau bagaimana cara untuk hidup sehat. Dalam kesehariannya, kebanyakan dari mereka mengkonsumsi gula dan makanan berlemak yang sebenarnya sangat berbahaya bagi tubuh. Karena itu, kami akan memberikan tips bagaimana cara hidup sehat sederhana yang bahkan bisa dimulai dari sekarang. Semoga bermanfaat 🙂

1. Ganti Jenis Makanan Dasar Anda

Gandum

Jika biasanya makanan dasar anda adalah nasi atau mie, mulai saat ini usahakan menggantinya dengan yang lebih baik, yaitu kentang atau biji gandum. Kentang dan biji gandum memiliki kandungan serat, vitamin dan mineral yang lebih baik dibandingkan nasi dan mie.

2. Konsumsi Lebih Banyak Buah dan Sayuran

Buah dan Sayuran

Jangan ragu untuk mengkonsumsi berbagai macam jenis buah dan sayuran, baik yang segar, beku maupun kalengan, karena tiap jenisnya memiliki kandungan vitamin dan mineralnya masing – masing.

Selain itu anda juga dapat mencoba untuk membuat sendiri saus tomat yang dibuat dari berbagai macam kombinasi sayuran, wortel, tomat dan cabai. Dengan begitu anda dapat seminimal mungkin menghindari kandungan tidak sehat dalam makanan anda.

3. Makan Lebih Banyak Ikan

Tuna

Perbanyak makan ikan, setidaknya dua kali dalam seminggu dan salah satunya ikan yang memiliki kandungan lemak. Ikan berminyak satu – satunya sumber makanan alami yang mengandung vitamin D, yang penting untuk kesehatan tulang. Beberapa yang termasuk ikan berminyak adalah salmon, tuna segar, sarden, mackerel dan trout.

Anda boleh menggunakan semua jenis ikan, baik ikan segar, beku, asap maupun kalengan. Tapi ingat untuk ikan asap terkadang mengandung garam, pilihlah yang paling sedikit kandungannya.

4. Kurangi Makanan Berlemak Jenuh dan Gula

Biji dan Kacang - Kacangan

Meskipun kita membutuhkan lemak dalam diet (untuk menyediakan asam lemak esensial dan membantu penyerapan vitamin A, D, E dan K), namun terlalu banyak lemak dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Tiap gram lemak mengandung 10 kalori, lebih besar dua kali lipat dari karbohidrat dan protein.

Lemak jenuh berasal dari mentega, kue, krim dan keju. Anda dapat menggantinya dengan lemak tak jenuh yang berasal dari minyak sayur, kacang – kacangan, biji – bijian, ikan berminyak dan buah alpukat. Lemak jenuh berbahaya karena dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah anda.

Sedangkan apabila anda terlalu banyak mengkonsumsi gula, terutama diantara waktu makan akan dapat meningkatkan resiko kerusakan gigi dan menambah kalori ekstraTerlalu banyak gula, terutama di antara waktu makan dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi dan akan menambah kalori ekstra yang malah dapat membatasi penyerapan asupan gula yang dibutuhkan oleh tubuh. Apabila anda suka makanan manis, maka cobalah untuk mengkonsumsi buah, karena buah memiliki kandungan gula buah yang baik.

5. Kurangi Garam Dalam Makanan Anda

Garam

Jumlah garam yang harus dikonsumsi orang dewasa tidak lebih dari 6 gram per hari, sedangkan anak – anak lebih sedikit daripada orang dewasa.

Asupan garam yang tinggi dapat meningkatan resiko terkena tekanan darah tinggi, yang artinya akan membuat anda beresiko terkena stroke atau penyakit jantung. Sebagian besar asupan garam kita berasal dari makanan olahan daripada garam yang ditambahkan dalam proses memasak atau di meja, jadi selalu ingat untuk memeriksa jumlah garam yang terkandung dalam makanan anda.

Sebagai alternatif, gunakan bahan herbal, rempah – rempah, lemon atau jeruk nipis, mustard atau cuka untuk makanan anda sehingga dapat meminimalisir penggunaan garam dalam makanan.

6. Selalu Aktif Bergerak

Bersepeda

Kami merekomendasikan untuk melakukan aktivitas olahraga selama 150 menit untuk intensitas sedang atau 75 menit untuk intensitas tinggi untuk orang dewasa berumur 19 – 55 tahun, dan juga latihan kekuatan otot setidaknya 2 kali seminggu.

Olahraga intensitas sedang bisa berupa bersepeda atau jalan cepat, dan untuk olahraga intensitas tinggi bisa berupa berenang atau berjalan. Untuk latihan kekuatan otot sendiri bisa berupa latihan di gym.

7. Jangan Kehausan !

Minum Air Putih

Minumlah air putih antara 8 – 10 gelas perhari untuk menghindari dehidrasi. Air putih adalah pilihan terbaik asupan sehat untuk tubuh anda tanpa menambahkan kalori ekstra. Selain itu, hindari teh, kopi, minuman ringan, susu, jus buah dan smoothie yang terlalu banyak agar terhindar dari resiko kerusakan gigi akibat gula berlebih.

8. Jangan melewatkan sarapan

Sarapan

Sarapan yang sehat dapat memberikan serat, kalori, vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan. Pilih sereal gandum, bubur atau roti gandum dengan buah untuk memulai hidup sehat harian anda.

SHARE
Next articleJaga Kesehatan Pria di Usia 50 Tahun dengan Tips Berikut
Beritasehat.co.id adalah website portal yang menyajikan berbagai informasi seputar kesehatan anak, remaja, pria, wanita, serta ibu dan bayi.

LEAVE A REPLY