Infeksi yang terjadi pada alveolus yang terdapat pada paru-paru inilah yang biasa disebut dengan paru-paru basah atau dalam dunia kedokteran disebut dengan pneumonia. Fungsi alveolus pada paru-paru adalah sebagai penyampai oksigen yang kita hirup ke dalam darah. Radang yang terdapat pada alveolus akan mengakibatkan gangguan sistem pernapasan sehingga menurunnya asupan oksigen yang masuk kedalam tubuh.

Menurut badan kesehatan dunia WHO, paru-paru basah merupakan jenis penyakit infeksi yang menyebabkan angka kematian tertinggi apalagi pada anak-anak. Di Indonesia sendiri penyakit paru-paru basah menginfeksi banyak orang dari berbagai kalangan usia bahkan menjadi penyakit urutan ke 6 yang paling banyak menyebabkan kematian. Orang-orang yang masih dalam usia produktif memang jarang terjangkit paru-paru basah tetapi tidak ada salahnya untuk melakukan pencegahan dini untuk penyakit ini. Berikut dibawah ini pembahasan lengkapnya mengenai penyakit paru-paru basah.

Penyebab Penyakit Paru-paru Basah

Adanya infeksi dalam paru-paru akibat dari bakteri, virus, dan jamur merupakan penyebab dari penyakit paru-paru basah. Infeksi ini akan mengakibatkan paru-paru mengandung banyak cairan yang dapat menghambat sirkulasi udara sehingga kerap penyakit ini disebut paru-paru basah. Pola hidup yang buruk bisa mengakibatkan menurunnya daya tahan tubuh seperti mengkonsumsi minuman beralkohol dan merokok.

Gejala Penyakit Paru-paru Basah

Gejala awal dari paru-paru basah termasuk mudah untuk diidentifikasi seperti batuk yang berlendir yang tidak kunjung sembuh karena mikroorganisme yang ada pada paru-paru telah berkembang biak. Kondisi tubuh akan sering mengeluarakan keringat walaupun sedang tidak melakukan aktifiras apapun. Gangguan pernapasan juga akan sering terjadi dan tidak kunjung sembuh meskipun sudah beristirahat cukup.

Cara Menghindari Paru-paru Basah

Pemberian vaksin pneumonia dapat mencegah terkenanya paru-paru basah. Vaksin ini bisa diberikan mulai dari balita hingga orang dewasa. Selain itu selalu menjaga kebersihan diri adalah salah satu kunci mencegah penyakit ini karena paru-paru basah penyebab utamanya adalah mikroorganisme. Oleh sebab itu selalu perhatikan kebersihan sekeliling mulai dari makanan yang anda konsumsi.

Pengobatan Penderita Paru-paru Basah

Penyakit paru-paru basah bisa diobati dengan mengkonsumsi obat-obatan herbal yang mengandung daun sirsak, ekstrak kulit manggis, dan bunga rosella. Kandungan antioksidan tinggi yang ada pada kulit manggis ampuh dalam membunuh serta menghambat mikroorganisme yang ada dalam paru-paru sebagai penyebab infeksi. Sedangkan daun sirsak dan bunga rosella memiliki banyak kandungan penting yang baik bagi penderita paru-paru basah.

Penyakit Lain Yang Menjadi Pemicu Terjadinya Paru-paru Basah

Orang yang menderita penyakit HIV sangat mudah terkena paru-paru basah. Hal ini disebabkan penderita HIV memiliki sistem kekebalan tubuh yang sangat rendah sehingga rentan terkena berbagai macam jenis penyakit dan salah satunya adalah paru-paru basah. Pada penderita HIV yang mengalami paru-paru basah hal ini disebabkan oleh infeksi jamur Pneumocystis carinii.

Nah demikian tadi pembahasan mengenai paru-paru basah dari segala aspek. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang sedang melakukan pengobatan maupun pencegahan penyakit paru-paru basah.

LEAVE A REPLY