Pria dan wanita jelas berbeda dalam segala hal. Tidak hanya bentuk fisik, kebutuhan gizi keduanya pun tidak sama. Jika wanita membutuhkan gizi untuk kesehatan rahim, payudara, dan kecantikan, maka pria pun butuh nutrisi khusus untuk kesehatan reproduksi, mencegah penyakit prostat, sampai menjaga kebugaran.

Banyak jenis makanan yang disukai kaum pria, namun sebenarnya berbahaya bagi kesehatannya. Tidak sedikit pula kaum Adam yang memilih suplemen makanan berbentuk kapsul atau minuman untuk meningkatkan vitalitasnya. Padahal, tidak sedikit di antara suplemen makanan tersebut mengandung lebih banyak bahan kimia yang justru merugikan kesehatan.

Oleh karena itu, kaum lelaki wajib mengetahui makanan apa yang terbaik untuk kesehatannya. Berikut ini 9 makanan yang terbukti mampu meningkatkan kesehatan pria.

  • Tiram

Tiram merupakan makanan berasal dari laut yang besar peranannya untuk kesehatan pria. Tiram mengandung seng (zinc) yang mampu melindungi tubuh dari kerusakan sel yang dapat mengarah ke kanker prostat. Selain itu, tiram juga baik untuk kesuburan karena meningkatkan produksi sperma.

Kaum pria dianjurkan mengkonsumsi 11 miligram tiram per hari. Namun, pria dengan penyakit hati, diabetes mellitus, rheumatoid arthritis, dan gagal ginjal kronis, serta alkoholik tidak disarankan untuk terlalu sering mengkonsumsi tiram, karena dapat meningkatkan resiko penyakit-penyakit tersebut.

  • Pisang

Pisang merupakan sumber energi yang kaya akan kalium dan magnesium. Dua zat tersebut bermanfaat untuk mengurangi resiko stroke, sekaligus mengatur denyut jantung, sistem saraf, dan tekanan darah.

Kandungan vitamin B6 yang juga banyak terdapat pada pisang akan membantu pria menjaga kekebalan tubuhnya. Vitamin B6 juga memastikan sistem saraf berfungsi dengan baik dan pasokan produksi sel darah merah tetap stabil.

  • Ikan yang mengandung Omega 3

Asam amino omega-3 merupakan lemak tak jenuh yang dikandung oleh beberapa jenis ikan tertentu. Lemak tak jenuh berfungsi menjaga sirkulasi darah sekaligus dapat mengurangi resiko kanker prostat. Selain itu, ikan dengan omega-3 juga mengandung vitamin D cukup tinggi, yang berguna mencegah kanker, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi dan penyakit tulang.

Ikan yang kaya akan omega-3 antara lain salmon, sarden, tuna, mackerel, dan herring. American Dietetic Association menyarankan untuk memakan ikan-ikan di atas setidaknya dua kali seminggu.

  • Brokoli

Sayuran yang satu ini mengandung banyak sekali nutrisi super yang dibutuhkan pria, seperti vitamin C, beta-karoten, kalium, dan sulphoraphane yang penting untuk mencegah kanker prostat dan kolon.

  • Kacang Brazil

Kacang Brazil merupakan penghasil selenium dan magnesium, dua zat yang mampu membentengi prostat pria dari berbagai penyakit. Selenium juga menurunkan resiko kanker dan memerangi kolesterol jahat dalam tubuh.

Ahli gizi menyarankan pria hanya memakan 55 mikrogram selenium tiap harinya, atau setara dengan satu butir kacang Brazil. Jika mengkonsumsi lebih dari dua butir kacang Brazil tiap hari, dikhawatirkan Anda akan mengalami overdosis selenium.

  • Biji-bijian

Biji-bijian jenis whole grains (biji utuh) merupakan karbohidrat yang banyak mengandung serat, vitamin, dan mineral. Para pria membutuhkannya untuk menjaga tubuh agar tetap bugar. Biji-bijian whole grains yang baik adalah oatmel, dan disarankan untuk mengkonsumsi 10-25 gram oatmel tiap hari.

  • Stanol tumbuhan

Stanol adalah zat alami yang terdapat pada buah-buahan dan sayuran yang berfungsi memerangi kolesterol jahat dalam usus. Pria sebaiknya mengkonsumsi 2-3 sendok teh stanol setiap hari, atau setara dengan 16 ons jus jeruk.

  • Kedelai

Protein dalam kedelai merupakan sumber isoflavon yang bisa melindungi kesehatan prostat. Jumlah minimal protein kedelai yang dikonsumsi tiap harinya adalah 25 gram, karena selain menjaga organ reproduksi, kedelai juga menurunkan kolesterol dan mencegah penyakit jantung. Maka, jangan gengsi untuk mengkonsumsi berbagai produk olahan kedelai, seperti tahu, tempe, dan susu kedelai.

  • Sayuran berwarna merah dan oranye

Sayuran berwarna merah dan oranye seperti paprika merah, wortel, labu, dan ubi jalar, mengandung vitamin C, beta-karoten, dan potasium yang bermanfaat menurunkan resiko pembengkakan prostat. Kandungan nutrisi di dalamnya juga mempercepat regenerasi sel-sel kulit.

LEAVE A REPLY