Dalam beberapa waktu terakhir ini, kebanyakan orang terfokus pada kasus penyakit yang mudah menyerang wanita. Padahal tanpa disadari pada beberapa kasus, kaum pria juga rentan terkena beberapa masalah kesehatan sama halnya dengan wanita.

Misalnya saja jika wanita rentan terserang penyakit kanker serviks, pria juga rentan terserang penyakit kanker prostat. Karena itu siapa bilang pria terbebas dari resiko penyakit? Semuanya memiliki peluang sakit yang sama karena itu baik pria juga harus eksklusif dalam menjaga kesehatan tubuhnya. Mengenai apa saja penyakit yang rentan menyerang pria, berikut informasi yang para pria harus tahu!

Penyakit yang Rentan Menyerang Pria

Kanker paru – paru

Berbagai penyakit pernapasan memang sangat mungkin menyerang pria. Berbagai macam penyakit bisa terjadi pada pria karena sebagian besar pria merupakan seorang perokok. Batuk menjadi salah satu ciri dan gejala awal yang paling sering muncul. Seiring berjalannya waktu, gejala batuk ini dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius lagi dan bisa mengancam jiwa penderita. Batuk yang terjadi bisa memicu berbagai penyakit mematikan seperti kanker paru – paru, emfisema atau beberapa penyakit pernapasan lain. Menurut American Lung Association, setiap tahunnya banyak pria yang terdiagnosa terkena kanker paru – paru karena memiliki riwayat merokok di masa lalunya. Walau penyakit ini bisa terjadi karena beberapa faktor akan tetapi merokok tetap menjadi salah satu penyebab utama terjadinya kanker paru – paru.

Penyakit organ hati

Fungsi hati manusia adalah sebagai organ yang dapat mengubah makanan menjadi energi. Hati juga memiliki fungsi untuk membersihkan tubuh dari berbagai zat beracun yang menyerang tubuh dari darah. Pada organ ini, terdapat sebuah organ kecil yang sering disebut dengan empedu. Organ ini mengeluarkan suatu zat untuk memecahkan lemak. Beberapa penyakit organ hati yang paling sering terjadi pada pria adalah sirosis, hepatitis, sumbatan pada saluran empedu atau kanker hati dan beberapa penyakit hati yang lain. Menurut American Cancer Society, alkohol dan juga tembakau dapat meningkatkan resiko Anda terserang penyakit organ hati ini.

Influenza dan pneumonia

Influenza dan juga infeksi kuman pneumokokus merupakan dua hal yang paling beresiko terhadap kesehatan beberapa pria. Seorang pria yang mengalami masalah dengan sistem kekebalan tubuh akan rentan terhadap penyakit termasuk diabetes, gagal jantung kongestif, anemia, AIDS atau kanker. Karena itu sangat disarankan untuk para pria mendapatkan vaksinasi karena pada pria yang divaksin akan menurunkan resiko sampai 70% dari penyakit influenza atau pneumonia.

HIV atau AIDS

Awalnya mungkin pria tidak menyadari penyakit ini karena gejala awal HIV mirip sekali dengan gejala flu. Infeksi ini paling banyak berkembang dikalangan gay, dan juga mereka yang melakukan aktivitas berhubungan dengan sesama jenis.

Kesehatan jantung

Penyakit jantung sebenarnya bisa muncul dengan berbagai cara. Gejalanya bisa berbeda – beda pada setiap orang. Namun dari gejala penyakit yang rentan menyerang pria ini akan dapat menyebabkan masalah yang sangat serius. Komplikasi yang sangat serius juga bisa terjadi jika penyakit ini tidak segera dideteksi lebih lanjut salah satunya adalah stroke. Darah tinggi menjadi salah satu penyebab utama dari penyakit stroke dan penyakit jantung. Karena itu sangat disarankan agar Anda selalu rutin melakukan kontrol darah tinggi Anda untuk mencegah penyakit ini.

Itulah apa saja penyakit yang rentan menyerang pria dan perlu diwaspadai kedatangannya. Terapkan pola hidup sehat setiap saat.

LEAVE A REPLY