Olahraga memang menjadi sebuah kegiatan yang sangat penting dilakukan. Siapa saja perlu melakukan olahraga agar kesehatan dan kebugaran tubuh bisa terjaga. Bahkan ibu hamil juga perlu melakukan olahraga agar tidak mengalami obesitas berlebihan dan membantu mempermudah proses persalinan nantinya.

Akan tetapi walaupun olahraga menjadi sebuah hal yang sangat penting bagi ibu hamil akan tetapi ibu hamil juga perlu tahu bahwa tidak semua olahraga aman untuk ibu hamil. Dengan posisi yang membawa janin ada beberapa olahraga berbahaya untuk ibu hamil yang perlu dihindari. Apa saja olahraga berbahaya untuk ibu hamil tersebut? Berikut ini beberapa olahraga berbahaya untuk ibu hamil yang perlu Anda hindari karena sangat tidak disarankan untuk ibu hamil. Cek informasinya berikut ini!

Olahraga Berbahaya Untuk Ibu Hamil yang Perlu Dihindari

Gym untuk ibu hamil

Olahraga dengan gym merupakan olahraga berbahaya untuk ibu hamil yang perlu dihindari. Hal ini karena olahraga gym akan menimbulkan resiko cedera yang cukup besar. Olahraga dengan menggunakan peralatan elektronik juga beresiko apalagi jika sedang hamil baiknya Anda hindari olahraga dengan gym baik yang menggunakan peralatan atau dengan tangan kosong karena beresiko menimbulkan cedera.

Mendaki gunung

Olahraga ekstrim seperti halnya rock climbing tentu sangat tidak disarankan untuk wanita hamil karena sangat beresiko jatuh dan tenaga yang dikeluarkan cukup besar. Olahraga ini juga sebaiknya dihindari ketika hamil karena mendaki gunung membutuhkan tenaga yang besar apalagi jika ketika mendaki perlu membawa peralatan yang berat. Hindari olahraga mendaki gunung dan dapat diganti dengan berjalan – jalan karena lebih aman dan jika lelah dapat beristirahat pulang.

Olahraga basket

Olahraga basket termasuk olahraga yang dilarang karena basket membutuhkan tenaga yang besar dan juga memiliki resiko tabrakan. Basket merupakan olahraga yang dimainkan dengan tim dan melawan tim lain untuk mendapatkan angka. Tentu saja ketika berlari di lapangan maka resiko tabrakan akan muncul dan menyebabkan seseorang terjatuh dan terluka. Jadi hal ini sangat tidak dianjurkan untuk wanita hamil. Anda bisa ganti dengan olahraga yang lebih ringan misalkan dengan Anda melakukan yoga kehamilan di rumah yang lebih bermanfaat.

Bermain trampolin

Permainan trampolin merupakan sebuah olahraga dengan menggunakan alat sehingga nanti pemainnya dapat melompat ke atas dengan berulang kali. Hal ini juga menjadi sebuah hal yang sangat berbahaya bagi wanita hamil karena tubuh wanita hamil bisa jatuh ketika melompat dan hal ini sangat berbahaya bagi keselamatan janin didalam rahim.

Olahraga angkat beban

Olahraga angkat beban merupakan olahraga yang tidak cocok dilakukan wanita hamil. Resiko yang nantinya akan diakibatkan dari angkat beban misalkan adalah cedera punggung dan juga resiko terkilir. Jika sampai terjatuh dan beban menimpa badan tentu akan sangat berbahaya bagi kandungan. Karena itu baiknya Anda lakukan angkat beban selama proses kehamilan.

Bersepeda

Bersepeda merupakan sebuah olahraga yang tidak disarankan apalagi bagi yang tidak sering bersepeda sebelumnya. Tentu akan ada resiko yang bisa diderita ketika kegiatan ini dilakukan seperti kehilangan keseimbangan yang membuat terjatuh dan sebagainya. Ibu hamil dilarang melakukan kegiatan ini.

Itulah beberapa jenis olahraga berbahaya untuk ibu hamil yang perlu dihindari. Lakukan olahraga ringan yang tidak beresiko terhadap kehamilan Anda. Semoga informasi yang diberikan diatas menjadi informasi yang bermanfaat untuk Anda.

LEAVE A REPLY