Pemenuhan kebutuhan nutrisi tidak hanya penting untuk anak – anak dan bayi saja karena setiap orang butuh pemenuhan nutrisi sesuai kebutuhan termasuk remaja di masa perkembangannya. Ada banyak nutrisi penting remaja yang harus terpenuhi untuk menunjang pertumbuhannya.

Jika nutrisi ini tidak terpenuhi kemungkinan besar perkembangan remaja akan terhambat bahkan bisa jadi remaja akan mengalami masalah kekurangan gizi yang berdampak buruk pada prestasinya di sekolah. Tentu ibu tidak ingin masalah yang seperti ini terjadi pada buah hati Anda bukan? Berikut nutrisi penting remaja yang harus bunda berikan untuk menunjang perkembangannya.

Nutrisi Penting Remaja yang Harus Terpenuhi

Kalori

Remaja lelaki butuh sekitar 2500 sampai dengan 2800 kalori setiap harinya. Sementara remaja putri kira – kira membutuhkan 2200 kalori perhari. Idealnya kebutuhan kalori ini bersumber dari protein, susu rendah lemak, biji – bijian, sayuran dan buah – buahan.

Anda bisa mengonsumsi berbagai makanan seperti susu soya dimana kandungan lemaknya rendah dan kandungan proteinnya tinggi karena terbuat dari kedelai atau mengonsumsi berbagai buah yang kaya kandungan penting didalamnya seperti kiwi, jeruk, apel, lemon, melon atau berbagai buah – buahan penting yang lain.

Kalsium

Asupan kalsium yang cukup bisa didapatkan dari makanan berbasis susu. Susu sapi bisa memberikan kalsium yang cukup untuk meningkatkan tumbuh kembang buah hati Anda. Selain itu, aneka susu yang bisa dibeli di toko yang memang ditujukan untuk meninggikan badan juga cocok dikonsumsi untuk menunjang tumbuh kembang si buah hati Anda.

Kalsium sebagai nutrisi penting remaja sebenarnya sangat membantu anak mencapai kepadatan tulang yang cukup dan membentuk tulang yang kuat ketika dewasa. Remaja yang kekurangan asupan kalsium juga diperkirakan akan memiliki tulang yang rapuh dan mudah cedera ketika dewasa. Remaja juga butuh asupan kalsium sebesar 1200 mg setiap harinya untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangannya.

Zat besi

Semakin meningkatnya volume darah dan juga pertumbuhan massa otot pada masa remaja mengartikan bahwa anak butuh lebih banyak zat besi pada masa remaja. Selain itu zat besi juga dapat membantu darah membawa oksigen ke seluruh otot dan membuat fungsi otak bekerja maksimal serta membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit. Berdasarkan studi kekurangan zat besi di usia remaja akan dapat berdampak pada struktur otak secara jangka panjang. Salah satu makanan kaya zat besi yang sangat disarankan untuk dikonsumsi adalah daging merah dimana merupakan salah satu sumber makanan yang didalamnya mengandung zat besi tinggi. Kandungan ini juga bisa didapatkan dari sayuran seperti sayur berdaun hijau, kacang, biji – bijian dan juga sereal.

Protein

Remaja butuh protein sebesar 45 sampai dengan 60 gram setiap hari untuk tumbuh dan juga membentuk otot. Kandungan protein ini sangat mudah didapatkan dari berbagai sumber makanan sehat seperti daging, telur, ikan dan juga susu. Untuk vegetarian protein, kacang – kacangan merupakan bahan yang sangat baik untuk Anda mendapatkan nutrisi berupa protein tersebut. Susu soya yang terbuat dari sari kedelai juga dapat Anda manfaatkan untuk menunjang tumbuh kembang buah hati Anda.

Itulah apa saja nutrisi penting remaja yang harus terpenuhi guna menunjang tumbuh kembangnya. Semoga informasi yang kami berikan diatas tentang nutrisi penting remaja menjadi informasi yang bermanfaat untuk Anda.

LEAVE A REPLY