Didalam tubuh kita banyak sekali membutuhkan berbagai macam zat yang akan berpengaruh pada setiap organ tubuh. Karena semua asupan yang masuk didalam tubuh tidak cuma berpengaruh pada kesehatan tubuh kita, namun juga sangat mempengaruhi kemampuan sistem hormon. Untuk menyelaraskan segala yang ada dalam tubuh guna mencapai kesehatan optimal kita membutuhkan keseimbangan hormon. Meskipun kita tau bahwa jumlah hormon dalam tubuh kita itu sangat minimal jumlahnya, namun jika keseimbangannya terganggu akan memberi dampak negatif pada tubuh. Dan cara agar kadar hormon dapat seimbang kita bisa melakukanya dangan beberapa langkah berikut ini.

4 Cara Menstabilkan Kadar Hormon Dalam Tubuh.

  1. Hormon Adrenalin

Hormon ini biasanya melepaskan sebuah energi pada tubuh yang bertujuan untuk melindungi dari pada kondisi stres. Tapi terlalu banyak adrenalin sewaktu kita tidak bersinggungan dengan ancaman justru bisa membahayakan tubuh. Maka dari itu kita perlu mengendalikan stres untuk menyeimbangan hormon. Tentu ada beberapa jenis kegiatan yang dapat menurunkan stres, misalnya dengan melakukan meditasi.

  1. Hormon Kortisol

Hormon yang satu ini juga masih berkaitan dengan hormon adrenalin yang sangat dibutuhkan sewaktu kita sedang berhadapan pada suatu kondisi yang mengancam. Selain itu kortisol ini juga sangat berpengaruh terhadap imunitas serta sugesti seks. Anda memang dianjurkan supaya bisa mengendalikan stres supaya tubuh bisa memproduksi kostisol ini secara normal. Dampak buruk dari kelebihan hormon kortisol ini bisa berakibat hipertensi.

  1. Hormon Estrogen

Hormon estrogen adalah hormon yang menjalankan tugas untuk mengatur siklus haid serta mengatur pertumbuhan payudara pada wanita, selain itu hormon ini juga berperan aktif dalam melindungi tulang tubuh. Cara agar kadar hormon ini tetap stabil adalah dengan menjaga suplai makananan yang masuk ke tubuh dan tetaplah menjaga berat badan Anda agar tubuh tidak berlebihan menghasilkan estrogen ini. Konsumsilah sayur dan buah dengan kadar serat tinggi.

  1. Hormon Testosteron

Hormon ini sering disebut sebagai hormon pria. Hormon testosteron ini tidak hanya penting saat memasuki masa dewasa yang kaitannya dalam memproduksi sperma, namun testosteron ini juga dapat berpengaruh pada kehidupan seksual  untuk pasangan suami istri.

Memang pada kenyataannya, menyeimbangkan hormon sangatlah berguna untuk mencegah berbagai masalah kesehatan. Dan tentunya dengan mengetahui beberapa langkah tersebut, Anda bisa lebih peduli tentang pentingnya keseimbangan hormonal pada tubuh Anda.

LEAVE A REPLY