Anak Anda susah makan? Anak susah makan memang menjadi suatu hal yang sangat mengkhawatirkan bagi setiap orang tua. Kebanyakan orang tua akan merasa khawatir jika bayinya susah makan karena hal ini tentunya akan sangat berdampak pada kecukupan nutrisinya. Bunda harus tahu bahwa anak sangat membutuhkan asupan makanan untuk tumbuh kembangnya utamanya ketika usia si buah hati sudah memasuki 6 bulan. Jika ia susah makan tentu akan sangat berdampak pada buah hati Anda nantinya.

Sebenarnya ketika anak susah makan ada beberapa aspek yang menjadi penyebabnya. Bunda harus tahu apa saja yang menjadi penyebab tersebut. Berikut penyebab anak susah makan yang Anda harus tahu! Cek informasinya berikut ini!

Penyebab Anak Susah Makan

Beradaptasi dengan makanan baru

Beberapa bayi mengalami kesulitan makan ketika usianya mencapai sekitar 6 bulan. Ketika itu harusnya bayi sudah mulai mengenal makanan pendamping ASI. Akan tetapi justru sebagian menolak karena masih merasa asing dengan makanan baru tersebut. Hal ini memang karena bayi sudah terbiasa dengan ASI. Hal ini yang juga menjadi penyebab bayi susah makan MPASI. Karena itu solusinya bunda harus mengenalkan jenis makanan baru seperti halnya bubur, pisang atau yang lain agar bayi tidak kaget. Akan tetapi bunda tidak perlu cemas karena kondisi ini tidak akan berlangsung lama. Setelah bayi terbiasa justru akan menjadi excited dengan makanan baru tersebut.

Menu makanan yang disediakan kurang kreatif

Alasan lain yang menjadi penyebab bayi susah makan MPASI adalah karena menu yang bunda sediakan kurang menarik sehingga bayi enggan mencobanya. Pada umumnya memang bayi yang baru mengenal MPASI memiliki keinginan mencoba berbagai rasa makanan. Karena itu bunda harus kreatif dalam memasak berbagai makanan mulai dari segi rasa atau tampilan. Dengan demikian bayi bisa lebih tertarik untuk mengonsumsinya. Anda juga perlu ingat bahwa jenis makanan yang diberikan harus sesuai dengan usianya kemudian usahakan mengawalinya dengan porsi yang sedikit. Jika bayi sudah terbiasa bisa bunda tambah porsinya sedikit banyak.

Terlalu sering ngemil

Memberikan cemilan untuk bayi memang diperbolehkan terlebih karena di usianya tersebut bayi butuh asupan makanan yang cukup untuk membuat pertumbuhannya jadi optimal. Akan tetapi perhatikan juga pemberian camilan tersebut tidak berlebihan karena jika berlebihan dalam memberikan camilan maka bayi bisa merasa kenyang ketika makan. Konsekuensinya anak akan jadi menolak nasi. Bunda harus berhati – hati dalam memberikan camilan dan usahakan bayi tidak mengemil di waktu yang berdekatan dengan jam makannya.

Efek dari pemberian imunisasi

Salah satu efek samping imunisasi selain demam adalah menyebabkan bayi enggan makan. Akan tetapi tentu bukan berarti imunisasi tidak baik untuk bayi. Imunisasi malah sangat dibutuhkan karena tujuan dari imunisasi adalah agar sistem imun bayi lebih kuat dan tubuh bayi bisa tidak mudah terserang penyakit. Biasanya gejala setelah imunisasi akan hilang begitu saja dalam beberapa hari sehingga Anda tak perlu cemas berlebihan. Kecuali jika bayi menunjukkan gejala sakit yang tak akan kunjung sembuh baiknya bunda segera periksakan ke spesialis yang berpengalaman.

Itulah beberapa penyebab bayi susah makan MPASI yang bunda perlu tahu. Ketahui dulu penyebabnya baru bunda bisa memilih solusi yang paling tepat untuk si buah hati perihal hal tersebut.

LEAVE A REPLY