Satu di antara elemen yang peranannya sangatlah penting bagi kesehatan tubuh yaitu protein. Manfaat dari protein ini sendiri adalah dapat menaikkan sistem kekebalan tubuh serta mempertajam fungsi otak. Untuk mendapatkan protein yaitu dengan cara mengkonsumsi daging, susu, kedelai, telur, dan lainnya. Akan tetapi meskipun protein ini sangat baik untuk tubuh, namun jika anda mengkonsumsinya secara berlebihan justru akan berbahaya bagi kesehatan. Khusus untuk wanita disarankan untuk mensuplai protein dalam sehari sekitar 45 gram. Adapun untuk pria dibutuhkan sekitar 55 gram protein setiap harinya. Nah, anda pun perlu mengetahui beberapa efek buruk jika kita mengkonsumsi protein terlalu banyak.

3 Dampak Buruk Akibat Konsumsi Protein Berlebih.

  1. Kerja Ginjal Menjadi Berat.

Ginjal merupakan organ penting dalam tubuh yang cara kerjanya tergantung pada asupan makanan yang masuk. umumnya makanan yang mengandung protein membentuk zat nitrogen yang kemudian disaring oleh ginjal supaya nitrogen tersebut tidak masuk dalam darah dan mengeluarkanya bersama urin. Dan ketika suplai protein terlalu banyak akan membuat ginjal semakin berat menjalankan tugasnya.

  1. Bau Mulut.

Ketika melakukan diet tinggi yang berprotein, tentunya seseorang akan mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang lebih sedikit dan memperbanyak kandungan protein. Didalam tubuh karbohidrat diproses untuk memberi energi yang berguna untuk membakar lemak. Ketika tubuh membakar lemak, terkandung senyawa kimiawi yang disebut keton yang akan menyebabkan bau mulut tidak sedap. Bau mulut ini pun sulit sekali hilang meskipun anda telah berkumur atau menggosok gigi.

  1. Membuat Orang Lebih Sensitif.

Kandungan karbohidrat dalam tubuh tidak hanya mengubah makanan menjadi energi, namun karbohidrat ini dapat membuat suasana hati bahagia. Karena karbohidrat membantu memproduksi hormon yang mengatur mood. Dan sebaliknya jika kadar karbohidrat dalam tubuh terbatas, menjadikan seseorang lebih sensitif yang cenderung mudah marah dan gelisah.

Kesehatan merupakan bagian hidup yang memang mahal harganya, sehingga kita harus senantiasa menjaganya. Terkadang kita berpikir dengan kita mengkonsumsi makanan sehat namun tidak mengetahui efeknya jika dikonsumsi secara berlebihan. Maka dari itu buatlah menu sehari-hari dengan segala kandungan protein yang seimbang.

LEAVE A REPLY