Hari ini, 1 Desember 2017, kita memperingati yang disebut dengan Hari AIDS Sedunia. Meski telah diperingati sejak tahun 1988, namun edukasi mengenai penyakit yang satu ini tidak henti-hentinya dilakukan. Ini disebabkan oleh karena meski sudah 30 tahun diperingati, namun masih banyak mitos yang berkembang di masyarakat soal penyakit HIV/AIDS ini.
‘Hak Saya untuk Sehat’ (#myrighttohealth) menjadi tema Hari AIDS Sedunia 2017. Dengan tema ini, setiap orang termasuk orang dengan HIV/AIDS (ODHA) memiliki hak kesehatan yang sama. Hak ini termasuk hak mencegah, mengobati penyakit HIV/AIDS hak pelayanan kesehatan dengan standar tertinggi serta mendapat perlakuan dengan hormat dan bermartabat.
Nah, perlu ditekankan sekali lagi bahwa faktanya, HIV tidak menyebar melalui sentuhan, air mata, keringat, air liur, atau air seni. Anda tetap bisa berdekatan dan mengobrol dengan orang yang positif HIV tanpa tertular. Oleh karena itu, melalui peringatan hari AIDS sedunia ini, marilah kita lebih menghormati dan menghargai ODHA.

LEAVE A REPLY